Jumat, 27 Februari 2015

18 tempat angker di surabaya


Tempat Angker / Mitos  di Surabaya:
Surabaya adalah salah satu kota bersejarah di Indonesia. memliki sejarah tak luput juga dari cerita2 rakyat setempat yang mengkeramatkan suatu lokasi yang mempunyai nilai mistik. Daripada hanya membahas bualan yang tidak ada artinya, mari kita cek tempat - tempat yang angker di kota surabaya ini.
Entah percaya atau tidak, cerita-cerita angker yang erat hubungannya dengan sosok hantu memang sudah seperti jadi budaya di Indonesia. Bahkan di setiap kota selalu memiliki cerita masyarakat sendiri yang sudah ada dari turun-temurun.
Kini giliran sobat mengetahui kota Surabaya. Mana saja tempat paling angker di Surabaya? Well, boleh percaya atau tidak terserah sobat aja. (Bisa Juga Di Jadikan Wisata Uji Nyali he he he...)
Rumah Hantu Darmo
Menjadi peringkat nomor 1. Rumah ini sudah di tinggalkan penghuninya lebih dari 10 tahun. Kabarnya mereka dibunuh oleh jin, yang terikat dalam satu perjanjian pesugihan. tak sedikit warga sekitar yang mengaku mengalami kejadian2 ganjil disana.
Versi yang lain :
Ketika terjadi pembunuhan satu keluarga pada tahun 80′n yang terdiri dari ayah, ibu, dan 3 orang anak, rumah ini sontak menguras perhatian publik karena banyaknya kejadian-kejadian ganjil pada rumah tersebut yang tidak tapat diterima akal sehat. mulai dari seseorang yang menangis di malan hari, penampakan yang menjelma jadi sesorang wanita cantik yang menggoda pengguna jalan, tumbuhnya pohon raksasa di depan rumah yang tidak dapat ditebang sampai akhirnya rumah ini tidak lagi menarik minat para pembeli lagi dan ditinggalkan begitu saja.

Pantai Kenjeran
Tidak banyak tulisan yang mengabarkan kalau tempat ini angker. Padahal dulu dari sinilah sumber kekuatan terbesarnya Surabaya. Konon ada kerajaan Ular di daerah sini.
Pantai lama, pantai baru, serta di tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan, disinlah yang selalu memakan korban. Percaya atau tidak setiap tahun selalu ada saja orang tewas di 3 tempat tadi.


Delta Plaza
Dibalik kemegahan plaza ini ternyata di dirikan di atas bekas Rumah sakit UGD. Awal dari cerita suster gepeng juga berasal dari sini. Lokasi dimana sering munculnya penampakan wanita berbaju putih ialah di pepohonan dekat antara WTC dan Plaza-nya.
Kampus ITS
Jalan kembar di depan ITS, katanya ada kuntilananya kalo malam lewat jam 21.00 keatas suka menggoda para pengendara yg lewat sana. Tapi sekarang jalan itu udah diterangi banyak lampu dan jalannya udah diperbaiki gak bergelombang lagi… gak tau apa masih ada kuntilanaknya disana.
Tempat lainnya seperti Perpustakaan ITS, teknik sipil (pernah ada mahasiswa gantung diri ditangga gedung).
 
Royal Plasa

Ada isu tentang kerekamnya gambar pocongk.
 
Unair Kampus A dan B (Sastra dan Fisip)



 

Di kampus A UNAIR bangunan jaman belanda. Selain dikenal sebagai kampus bergengsi, Universitas Airlangga juga dianggap sebagai lokasi angker terutama beberapa gedung-nya seperti gedung jurusan Sastra dan FISIP. Lorong-lorong menuju kantin Farmasi juga dianggap memiliki aura angker yang cukup mengerikan. Kisah-kisah hantu seperti lampu yang tiba-tiba mati meski baru diganti, suara wanita menangis sampai tiba-tiba terjatuh seperti ada yang memegang di ujung kaki adalah hal biasa. Bahkan bagi kamu yang berani, kamu bisa datang ke gedung ini pada waktu antara magrib dan sebelum isya atau di atas pukul 23.00.


R.S. Dr. Soetomo

Mungkin gara2 banyaknya orang yang meninggal karena dirawat di rumah sakit inilah, konon banyak arwah yang bergentayangan dan perawat sini mengaku sering terdengar suara ringkikan dan tangisan di dalam Kamar Mayat.
R.S. Darmo



Banyak pengakuan dari para perawat serta pegawai Rumah Sakit sering adanya kemunculan Suster yang kakinya tidak menyentuh tanah, serta terdengarnya suara rintihan di waktu tengah malam.


Tugu Pahlawan
Setelah bolak balik dari tugu pahlawan ternyata baru saya tahu kalau di daerah tugu Pahlawan ada makamnya.
Makam Pahlawan
Di kubur di belakang patung ini, museumnya juga serem. Di pagi hari saja sudah kelihatan serem, apa lagi waktu malam hari, Pantesan tempat ini sempat di datangin dari tim dua dunia tempo hari.
Salah satu yang membuat lokasi ini mengerikan adalah adanya makam di tugu Pahlawan. Salah satu gedung di sekitar tugu Pahlawan adalah gedung tua Bank Indonesia yang pernah ada sosok pendekar jaman dulu dengan pakaian khas Madura berkeliling kantor di malam hari. Maupun kisah tukang bersih-bersih yang dikejar pocong. Masih berminat mau berkunjung di sana saat malam hari?
SMA Komplek (SmaN1,SmaN2,SmaN5,SmaN9)
Maklum bangunan lama ( apalagi sejak jaman belanda ) sering di buat tempat persemayaman makhluk ghaib dan disini gudangnya setan. Berdasarkan cerita dari teman - teman sekolah di sana, banyak hal - hal yang ganjil kalau sore menjelang malam. Papan tulis di getok-getok, toilet yang keluar air sendiri, banyak tentara pelajar tanpa kepala, guru belanda yang dansa, hingga suara mesin ketik tengah malam.
ni tempat pengintaian tentara pelajar jaman dulu, Lokasi SMAN 5.

Gedung GRAHADI
 
Masih merupakan peninggalan bangunan jaman Belanda, gedung Grahadi adalah rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Sebagai bangunan lama, Grahadi dulu difungsikan sebagai peristirahatan pejabat Belanda. Semakin berjalannya waktu, kisah horor di Grahadi semakin muncul. Seperti seringkali ada sosok hantu Belanda berjalan di antara lorong. Bahkan Gubernur Jawa Timur saat ini Soekarwo enggan tinggal di sina. Kenapa ya?
Kantor Gubernur Jatim
Balai Pemuda
Dulu pada jaman belanda adalah tempat dugem no 1 se Surabaya. Para belanda ini berdansa dan minum - minum semalaman. Kalau sekarang sudah dipakai untuk acara pernikahan atau konser musik. Coba tanya pada pengurus DKS ( Dewan Kesenian Surabaya ), beberapa mendengar alunan musik jadul dari dalam gedung itu.
di samping gedung itu dulu ada pohon semacam beringin yang sampai tahun 2004 masih diberi sesajen, namun untuk sekarang pohon itu sudah ditebang.
Kantor BPN Surabaya jalan Tunjungan
Karena seramnya tempat tersebut sekarang kantor BPN pindah ke daerah Balongsari. di surat berita Harian Jawa Pos disebutkan, alasan mereka pindah salah satunya adalah karena gangguan mahkluk astral di situ.
Balai Pemkot Surabaya
Tempat ini memang seram, banyak dari teman wartawan yang sering menjumpai seseorang yang tergesa gesa setengah berlari di lorong - lorong Balai kota.
Kalau anda di perbolehkan masuk cari ruangan ini, kantor no 11.. ada apa disana ??
Bekas Pabrik Padi Ketintang
  
Sebuah pabrik tua di kawasan Ketintang dianggap sebagai tempat sosok misterius. Lokasi yang dulu merupakan pabrik padi saat jaman Belanda itu rupanya dibeli oleh perusahaan swasta. Sampai saat ini di dalam gedung tua itu masih ada mesin-mesin namun kondisi gedung begitu gelap dan tanpa cahaya. Sosok seperti perempuan Belanda menjadi makhluk astral terkenal di sana. Selain ada sosok nenek tua yang disebutkan terbunuh di jaman Belanda secara dipenggal sering terlihat di pabrik tua Ketintang ini.
Pintu Air Jagir
   
Pintu air Jagir dibangun pada tahun 1917, Pintu air Jagir ini berfungsi sebagai pengendali banjir, penyedia air baku dan menahan intrusi air laut. Menurut sejarahnya, Pintu air Jagir ini pernah dijadikan tempat bersandarnya tentara Tar-Tar yang akan menyerbu kediri pada tahun 1293. Pintu air ini pernah direnovasi tepatnya pada tahun 1978, tetapi tidak merubah bentuk dan gaya arsitektur Belanda.

Di balik kemegahan arsitektur Belanda, Pintu air Jagir ini juga menyimpan cerita misteri yang masih terdengar hingga sekarang. Salah satunya cerita mengenai Buaya putih yang kadang kala terlihat oleh masyarakat sekitar. Bahkan Tim dari Mr. Tukul Jalan - jalan sempat mengulas cerita misteri mengenai Pintu air Jagir ini dan banyak juga masyarakat sekitar yang menceritakan mengenai Buaya putih tersebut. Pintu air Jagir ini sering kali meminta korban, bisa dibilang seringkali ada korban meninggal yang tenggelam di sungai dekat Pintu air tersebut dan ada juga yang jasadnya tidak ditemukan hingga sekarang.
Mr. Tukul Jalan - jalan akhirnya menguak misteri dibalik cerita mistis mengenai Pintu air tersebut. Citra Prima pun juga mengaku kalau energi negatif yang ada di sekitar Pintu air tersebut sangat kuat. Pintu air ini mempunyai ruang mesin yang berada lantai atas. Citra Prima juga mengaku kalau di ruang mesin tersebut mempunyai penunggu yang sangat banyak dan menakutkan. Tetapi mengenai Buaya putih tersebut, Citra prima merasakan keberadaannya ada di bagian paling bawah Pintu air (di dalam air) dan memanglah ada Buaya putih tersebut. Buaya putih tersebut merupakan energi negatif yang menguasai Pintu air Jagir.

Rumah Hantu Kupang
Jika anda melewati jalan diponegoro mau ke pasar kembang, ada rumah besar di kiri jalan itulah rumah hantu kupang tepatnya di Kampung Banyu Urip Wetan IA No. 107, Surabaya. Dahulu tempat tersebut dibuat tempat penyiksaan tentara jepang. Salah satunya yang terkenal cak Durasim juga meregang nyawa disitu.
Gedung tua ini terlihat menonjol dan berbeda dari bangunan di sekitarnya. Dari luar, terasa nuansa angker dan menyeramkan ketika melihat bangunan itu. Warga kota Surabaya sering menyebutnya dengan nama ‘rumah setan’ atau ‘gedung setan’. Sejak jaman kolonial Belanda, gedung itu memang sudah terkenal dengan sebutan “spookhuis”.
Asal muasal nama gedung setan memiliki beberapa versi. Versi yang tertulis di buku Oud Soerabaia (1931) karya von Faber yang dikutip Duncan Graham dalam artikelnya yang berjudul “Surabaya’s Ghost House” di Majalah Latitude (2010) menyebutkan bahwa setan di gedung ini adalah salah satu penghuni rumah yang membunuh anak hasil hubungan gelapnya. Selain itu ada pendapat lain bahwa hantunya adalah seorang budak kapal yang memiliki cap (cap kepemilikan budak) dan berpesan tidak mau dimandikan jenazahnya ketika mati. Versi terjemahan bahasa Belanda Kuno von Faber ini memiliki sedikit variasi di sana sini.
Selain itu, ada kisah yang menyebutkan fungsi rumah setan dulunya sebagai tempat penyimpanan jenazah orang Tionghoa sebelum dimakamkan. Disitu jenazah disimpan, dimandikan dan diprosesikan menuju ke pemakaman yang berada persis di seberangnya (Pasar Kupang dan sekitarnya). Kisah ini dibuktikan dengan ukuran pintu gedung yang sangat tinggi agar prosesi pemakaman yang biasanya diikuti bendera bisa lewat. Roh-roh jenazah orang Tionghoa inilah yang dipercaya menjadi setan dan menghuni gedung. Tapi ini tidak dibuktikan dengan catatan tertulis bahkan fungsi rumah jenazah itupun dipertanyakan kebenarannya.
Terlepas dari mitos cerita setan yang beredar, Gedung Setan ini awalnya dibangun untuk ditinggali oleh pemilik pertamanya yaitu J.A. Middelkoop. Middelkoop membeli area Kupang dari Daendels seharga 4.000 rijksdalders dan tahun 1809 mulai dibangun sebagai tempat tinggal. Setelah ia wafat, rumah berpindah tangan ke orang Tionghoa. Pada masa von Faber pemilik rumah itu adalah Dr. Teng Sioe Hie. Ada pendapat gedung setan diambil dari nama Tionghoa pemiliknya yang bermarga Tan (She Tan). Julukan rumah setan ini diduga sudah melekat dibenak penduduk Surabaya sejak awal abad ke-20.
Namun jangan salah, meskipun terlihat angker gedung setan ini tetap berpenghuni. Saat ini ada sekitar 50 keluarga atau sekitar 200 jiwa yang menghuni bangunan ini. Mereka adalah sanak-kerabat turun temurun dari pemilik gedung spookhuis. Adapun hak milik atas gedung setan saat ini adalah pengusaha bernama Teng Kun Gwan atau dikenal dengan nama Gunawan Sasmito. Yang tak lain adalah keturunan ketujuh dari pemilik gedung.
Gedung yang memiliki luas sekitar 400 m² ini terdiri dari dua lantai. Pada bagian belakangnya terdapat bekas altar sembahyang bagi leluhur. Saat ini altar tersebut menjadi tempat parkir motor dan sepeda milik para penghuni gedung. Di bagian tengah terdapat sebuah ruangan yang cukup lapang dengan jendela-jendela yang lebar. Terdapat pula ruangan yang berfungsi sebagai Gereja Pantekosta, tempat beribadah bagi penghuni gedung dan warga sekitar yang beragama Kristen. Tampak pula gambar Yesus Kristus dan gambar-gambar lainnya menghiasi ruangan ini.
Di sekitar gedung setan (spookhuis) terdapat sebuah pasar tradisional yang dikenal dengan nama Pasar Gedung Setan. Yang menarik dan tampak berbeda dengan pasar-pasar tradisional lainnya, pedagang di pasar ini didominasi oleh orang-orang beretnis Tionghoa yang tak lain adalah penghuni gedung setan.
Jika Anda berminat mengunjungi gedung bersejarah dan penuh cerita misteri ini, aksesnya sangat mudah. Dengan kendaraan pribadi dari kota Surabaya, Anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju kawasan Kupang. Letak gedung ini tepat di pinggir jalan raya. Dari jalan, bangunan gedung tua yang besar dan tampak mencolok ini akan langsung terlihat jelas.

15 komentar:

  1. Serem bgt... sukses gan bwt blog nya... oh ya numpang share ya gan...

    AYO MAZ DAN MBAK BRO IKUT JOIN BISNIS AZARIA.

    APA SIH AZARIA ?

    Azaria hadir sebagai wadah untuk bisnis yg diharapkan dan mengakomodir seluruh pelaku bisnis network. Bisnis yg fair, modal terjangkau dan sistem yg super simpel. Sangat mudah dipahami secara autodidak. KEUNGGULAN AZARIA :

    1. Tidak ada flash out, tidak ada yg hangus dari setiap tetesan keringat anda. Semuanya milik anda.

    2. Modal sangat terjangkau, hanya dengan 1,4jt saja sudah menjadi member selamanya.

    3. Produknya sudah terbukti bagus. Bukan abal-abal, sudah terdaftar di BPOM, punya sertifikat HALAL, punya testimoni pemakaian.

    4. Ada bonus Reward/penghargaan seperti jalan2 keluar negri untk para accosiate.

    5. Bisa dikerjakan secara online / offline. Semua materi promosi sudah lengkap disediakan tinggal menjalankan dengan niat & kemauan saja.

    Jadi, Join AZARIA modal 1,4jt dapet 3 produk kecantikan yang kece loh & sudah terdaftar di BPOM
    1. Serum whitening 20ml
    2. Body wash 250ml
    3. Body lotion 200ml

    Penjelasan bonus sponsor 1jt:
    Rekrut orang ke 1 anda belum dapat bonus.
    Rekrut orang ke 2 dapet bonus 1 jt
    Rekrut orang ke 3 dapet bonus 1 jt
    Rekrut orang ke 4 dapet bonus 1 jt
    Rekrut orang ke 5 dapet bonus 1 jt
    Rekrut org ke 6,7,8 dan strusnya tanpa batas kedalaman 1jt tetap mengalir ke rekening Anda

    Dan dapat 1jt lagi kalau member kedua anda misal namanya sarah. Sarah ajak andi, anda dpt 1jt. Andi ajak marta, anda dpt 1 jt. Marta ajak bebi, anda dpt 1jt. Bgitu seterusnya tanpa batas kedalaman

    Itu msh bonus 1jt. Msh ada lg bonus royalty 500rb dan shopping fee 20%

    -bonus royalty 10%
    setiap member dpt bonus kelipatan 5jt, anda dpt bonus royalty 500rb.
    Berarti klo member sdh dpt bonus 100jt, anda dpt 10jt :)

    -Shopping fee 20%
    Stiap member belanja produk, anda dpt komisi 20% dari total belanja mereka

    Anda berminat?
    Hubungi saya disini

    REY
    Bbm : 535add9a
    TLP : 083849993002

    BalasHapus
  2. Saya tau gedung setan. Tiap berangkat kuliah sering lewat situ karena kebetulan rumah saya didaerah situ. Memang banyak sekali versi mengenai gedung tersebut, namun versi yg telah ditulis penulis mengenai tempat pembunuhan beberapa orang termasuk cak durasim dan tempat persemayaman kaum tionghoa yg paling terkenal di penduduk sekitar (sekitar daerah kupang & banyuurip)

    BalasHapus
  3. Many sources say that vampires come from Romania. Is Vlad Tepe, who appeared as bloodthirsty in Romania in the ancient times.
    togel singapura

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMA Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan AKI SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI sakti
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi Aki Sakti DI NOMOR 085_242_421_477
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi Aki Sakti pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  5. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel
    Live dd48red blue

    serta memberikan prediksi terakurat

    DISKON Pemasangan :
    4D ; 66%
    3D : 59%
    2D : 29%

    Support 4 Bank terbaik :
    BCA
    MANDIRI
    BNI
    BRI

    Hot Promosi Jackpot Super Lucky
    Promo New Member
    Komisi Referal 1%

    Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

    Info dan contact :

    BBM D8E23B5C
    LINE togelpelangi
    No telp.dan W.a +85581569708

    Silahkan bos



    BalasHapus
  6. Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Di www.bolacasino88.com Agen Judi Online Terpercaya Di Asia.

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Kami Seperti :

    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 7 Permainan Dalam 1 Web Seperti:

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial

    Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - Facebook ( bolacasino88 Official )

    Hot News : https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.com/2017/11/setelah-melewati-krisis-gol-romeo.html

    https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.com/2017/11/isco-cedera-kemungkinan-besar-ia.html

    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2MZshrf

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2KVFnk0

    BalasHapus
  9. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    BalasHapus
  10. 🔱WAKANDATOTO🔱
    ♠ BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN AMAN 💯♠
    JP BERAPAPUN DI BAYAR
    ♠BO BONAFIT♠

    🔜Di Lengkapi Aplikasi BBFS 7 DIGIT🆗
    🔜Diskon Pembelian Terbesar
    ➖2D 29%
    ➖3D 59%
    ➖4D 65%

    ➖ MINIMAL BET 100
    ➖ Minimal DEPO : 10.000
    ➖ Minimal WD : 50.000
    ➖ Minimal Betting : 100 / line
    ➖ Line Invest : 35 Line
    ➖ Bonus Referral 2% (Seumur Hidup )
    ➖ CashBack / Minggu
    ➖ BBFS 7 DIGIT

    ✳ HADIAH ✳
    4D di X 3.000✔
    3D di X 400✔
    2D di X 70✔

    https://www.facebook.com/groups/659390757776446/
    PIN BBM : WAKATOTO
    Whatsapp: +855 96 250 8220
    Line : WAKANDATOTO

    bandar togel

    Wakanda Prediksi

    Link Alternatif Wakandatoto

    Togel Pasaran Makati

    BalasHapus
  11. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus